5 Langkah Berhemat Pada Renovasi Rumah

5 Langkah Berhemat Pada Renovasi Rumah

5 Langkah Berhemat Pada Renovasi Rumah – Rumah yang Anda miliki saat ini mungkin tidak lagi nampak baru seperti saat pertama kali Anda memilikinya atau kebetulan memang sejak awal Anda membeli sebuah hunian bekas. Untuk menghadirkan nuansa yang baru atau menambah tingkat kenyamanan serta fungsi dari masing – masing ruangan pada tempat tinggal, Anda dapat mencoba melakukan renovasi.

5 Langkah Berhemat Pada Renovasi Rumah
5 Langkah Berhemat Pada Renovasi Rumah

Namun seringkali timbul perasaan takut dan khawatir pada diri Anda jika rencana perbaikan tempat tinggal yang akan dilakukan memerlukan biaya yang tidak sedikit bahkan cenderung melebihi anggaran dana yang dimiliki. mencoba

5 langkah sehingga perbaikan tempat tinggal tetap dapat dilakukan dengan cara yang hemat.

1. konsep

Sebagai langkah paling pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah menentukan konsep renovasi secara mendetil sehingga dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan – kesalahan pengerjaan. Mulai dari pembuatan konsep hingga pengembangan konsep tersebut sebaiknya Anda libatkan keluarga dalam sebuah diskusi karena tujuan dari perbaikan yang dilakukan salah satunya adalah untuk meningkatkan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga.

2. Cuaca

Pertimbangkan faktor lain seperti cuaca dan musim. Perbaikan yang akan dilakukan sebaiknya jangan pada saat musim hujan karena justru akan mempersulit proses kerja sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.

3. Harga Material

Lengkapi rencana Anda tersebut dengan melakukan survei terhadap harga material dan bahan bangunan sehingga Anda dapat menyusun anggaran dana yang tepat. Saran kami, cobalah juga untuk memikirkan kemungkinan pemakaian bahan bangunan bekas yang masih berkualitas.

4. Pemilihan Material

Ingatlah bahwa pada beberapa jenis barang untuk perbaikan rumah Anda, sebaiknya pertimbangan segi kualitas jauh lebih penting dibanding pertimbangan harga barang tersebut, misalnya pada pemilihan pipa, rangka atap, keramik dan cat tembok.

5. Pola Pembayaran

Setelah anggaran dana tersusun rapi, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan pola pembayaran tenaga pekerja yang akan melakukan renovasi. Ada dua cara pembayaran yang biasanya dilakukan, yaitu secara borongan atau pun harian. Jika memang konsep yang Anda susun sudah benar – benar mendetil, pilihan pembayaran secara borongan tentu akan jauh lebih menghemat anggaran dana Anda. Namun bagi Anda yang kebetulan konsepnya belum terlalu matang, pemilihan pola pembayaran harian tentu lebih menguntungkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *